Header Ads

Header ADS

Sejarah Real Madrid, Klub Sepakbola Spanyol Peraih Liga Champion Terbanyak Di Eropa



Periode Awal Real Madrid 

Real Madrid awalnya bernama  Madrid Football Club di bentuk pada tanggal 6 Maret 1902 oleh akademisi dan mahasiswa Institución libre de enseñanza. Baru tahun 1920 namanya di rubah menjadi Real Madrid. Makna kata Real sendiri disini adalah kerajaan.

Los Galácticos : Zenedine Zidane, Luis Figo, David Beckam, Ronaldo
Los Galácticos : Zidane, Figo, Beckam, Ronaldo De Lima, Raul Gonzales
Era keemasan Real Madrid waktu dipimpin oleh presiden Santiago Bernabéu Yeste Ditahun 1943, dengan berhasil menjuarai Piala Eropa (sekarang bernama Liga Champion) sebanyak lima kali beruntun dari tahun 1956 sam pai 1960. Dan salah satu kesuksesannya tersebut berkat rekrutan pemain asing yang bernama Alfredo Di Stéfano.


Pada masa tahun 80-an sampai 90-an Sudah banyak pemain top dunia yang pernah memperkuat tim ini, sebut saja  si burung nazar Emilio Butragueño, Hugo Sanchez, Davor Suker, Ivan Zamorano, Fernando Redondo, Fernando Hierro, Fernando Morientes, Predrag Mijatović, Roberto Carlos, Raul Gonzalez, Clarence Seedorf dan lain sebagainya.

Era  Los Galacticos


Ditahun 2000-an dibawah kepemimpinan Florentino Pérez lahir era Los Galácticos, dimana Real  Madrid mengumpulkan para superstar sepakbola pada masa itu untuk bergabung dengan klub tersebut. Tercatat ada Zenedine Zidane, Luis Figo, David Beckam, Ronaldo Luís Nazário de Lima, Fabio Cannavaro berkumpul dalam satu klub yang bernama Real Madrid.


Fabio Capello tercatat merupakan salah satu pelatih yang menangani  Real Madrid sebanyak dua kali yaitu di tahun 1986 dan 2006 dan hebatnya di periode singkat tersebut dia berhasil membawa Real Madrid selalu juara liga Spanyol. Tetapi tetap saja di pecat karena gaya permaninan defensif, yang tidak enak dilihat yang di peragakan oleh Capello dianggap tidak cocok dengan gaya Spanyol atau Madrid. Biarpun pasukan Capello juara tetap berujung pada pemecatan dirinya.


Pada tahun 2009 Florentino Pérez yang kedua, memegang kendali kepemimpinan Real Madrid. Sejumlah pemain kelas dunia di datangkan pada masa Perez, sebut saja dua pemain yang sama-sama pernah meraih Ballon d’Or yaitu Cristian Ronaldo dan Ricardo Kaka di duetkan untuk mengimbangi Barcelona di era keemasan masa Ronaldinho maupun Leonel Messi.
Cristiano Ronaldo dan Ricardo Kaka
Peraih Ballon d'Or Cristiano Ronaldo dan Ricardo Kaka

La Decima


Real Madrid pernah merasakan puasa panjang dari juara Liga Champion, mulai tahun 2002. Sejumlah pemain dan pelatih top di datangkan dengan tujuan merebut kembali supremasi Eropa yang pernah digenggamnya, yaitu gelar Liga Champion ke 10 atau La Decima. Bahkan pelatih sekaliber Jose Mourinho pun tidak bisa memenuhi ekspektasi ini. Untuk klub sebesar Real Madrid bukan hal yang cukup jika cuma berhasil juara Liga Spanyol saja. Dan ekspektasi itu akhirnya terpenuhi dengan menjadi Juara Luga Champion di musim 2013-2014 setelah Real Madrid mendatangkan pelatih Carlo Ancelotti yang sebelumnya melatih klub PSG Prancis. Di final Real Madrid juara dengan mengalahkan rival sekotanya Atlético Madrid .

Demikian informasi yang bisa kami sajikan ke pembaca, dan semoga informasi ini bermanfaat, dan silakan share tulisan ini ke rekan anda.

"Salam Sukses Sepakbola Indonesia”


No comments

Powered by Blogger.