Persaingan Sepakbola Brasil Vs Argentina, Pele - Maradona, Leonel Messi - Neymar

 on Wednesday, January 14, 2015  



Persaingan Brasil dan Argentina

Kutub sepakbola dunia hanya terbagi dua, yaitu persaingan Eropa dan Amerika Latin. Bukti sahihnya adalah juara Piala Dunia seolah-olah hanya arisan mereka berdua saja. Tim sepakbola dari negara lainnya di plot hanya sebagai pelengkap sebuah kejuaraan empat tahunan tersebut. Di sepakbola modern ini jika di kubu Eropa di wakili banyak negara juara, diantaranya Jerman,Italia, Prancis, Spanyol, Inggris. di Amerika Latin seolah hanya di sangga oleh dua negara saja yaitu Argentina dan Brasil.
 
Maradona Vs Pele
Maradona Vs Pele, Siapa Yang Terbaik

Kondisi di Amerika Latin tersebut melahirkan siapa yang lebih pantas untuk memimpin Amerika Latin dalam melawan sepakbola Eropa, apakah Brasil atau Argentina. Persaingan ini sangat sengit baik itu antar tim nasionalnya maupun antar suporter dari kedua Negara tersebut. Bahkan dalam partai persahabatanpun, Argentina Vs Brasil tetap serasa pertandingan resmi demi membela harga diri masing-masing.


Persaingan mereka sebetulnya bisa dikatakan untuk semua cabang olahraga, tidak hanya sepakbola saja. Asalkan Argentina bertemu dengan Brasil, aroma kompetisi langsung terasa. Mungkin ini bisa disamakan dengan persaingan Indonesia Vs Malaysia di semua olahraga. Masing-masing tidak rela dikalahkan oleh seteru abadinya.


Pertemuan kedua tim pertama kali di tahun 1914, sampai sekarang total pertemuan Brasil dan Argentina sudah sebanyak 96 kali di semua ajang sepakbola, baik resmi maupun persahabatan. Dan skornya imbang masing-masing berhasil memenangkan 36 kali pertandingan, dan sisanya 24 kali berakhir imbang.


Dari sisi prestasi di ajang Piala Dunia, Brasil lebih unggul, yaitu berhasil juara lima kali (1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002). sedangkan Argentina hanya menjadi juara Piala Dunia dua kali, 1978 era Mario Kempes dan 1986 era Diego Maradona. Tetapi untuk ajang Copa Amerika, Argentina lebih unggul dengan menjuarai kompetisi itu sebanyak 14 kali, sedangkan Brasil hanya juara sebanyak 8 kali. Dan untuk kejuaraan Piala Konfederasi, Brasil balik unggul dengan juara sebanyak empat kali dan Argentina hanya bisa juara sebanyak satu kali saja.

Persaingan Pele dengan Maradona

Itu bertambah panas dengan persaingan kedua negara itu dalam melahirkan bintang-bintang sepakbola yang mampu menguasai liga-liga elit Eropa. Dunia ikut memberi kontribusi persaingan ini dengan memperdebatkan siapakah pemain sepakbola terhebat yang pernah lahir dimuka bumi, sebagian memilih Pele dan sebagian yang lain memilih Maradona, tentunya dengan argumennya masing-masing. Perdebatan siapa pesepakbola terbaik dunia sepanjang masa itu seolah tiada akhir, dan belum selesai hingga sampai saat ini. Meskipun kedua legenda itu bermain di jaman yang berbeda, tidak menyurutkan pecinta sepakbola untuk membandingkan diantara keduanya.

Perdebatan tentang Pele atau Maradona makin memanas ketika pada tahun 1999, Pele di anugrahi penghargaan Athlete of the Century oleh Komite Olimpiade Internasional. Serta memenangkan Ballon d’Or untuk kategori Football Player of the CenturyFootball Player of the Century di tahun yang sama yang diadakan oleh IFFHS. Majalah TIME pun di tahun yang sama ikut memberi gelar kepada Pele sebagai yang diadakan oleh majalah Prancis Football. Pele juga mendapatkan penghargaan 100 Most Important People of the 20th Century.

Lalu setahun kemudian giliran Maradona yang mendapatkan gelar Player of the Century  dalam acara FIFA century awards di tahun 2000, melalui jajak pendapat via internet dengan skor 53,6%, mengalahkan Pele yang hanya meraup skor 18,53%. Tetapi tidak lama sebelum penyerahan penghargaan itu, FIFA tiba-tiba menambah kategori best player of the century yang di menangkan oleh Pele. Sehingga kedudukan menjadi imbang.

Sontak kondisi tersebut membuat warga Argentina mengkritik FIFA dan menuduh FIFA terlalu menganak emaskan Pele.  Akibat kejadian tersebut Maradona setelah menerima gelar langsung meninggalkan acara penghargaan tersebut, sebelum Pele menerima gelar yang di dapatkannya. Kemudian di tahun 2002, Maradona menerima penghargaan dari FIFA untuk kategori gol terbaik abad ini atau World Cup Goal of the Century.

Dan untuk masa sekarang sudah tumbuh untuk membandingkan generasi penerus bintang sepakbola yang sedang berjaya, yaitu antara Leonel Messi dengan Neymar Jr untuk memperebutkan supremasi tertinggi di Amerika Latin.

Bagaimana pendapat anda tentang siapa pemain terbaik abad ini, Pele ataukah Maradona?



 
 
Persaingan Sepakbola Brasil Vs Argentina, Pele - Maradona, Leonel Messi - Neymar 4.5 5 Agung Wijanarko Wednesday, January 14, 2015 Persaingan Sepakbola Brasil Vs Argentina, Pele - Maradona, Leonel Messi – Neymar. siapa yang lebih pantas untuk memimpin Amerika Latin dalam melawan sepakbola Eropa, Brasil atau Argentina Persaingan Brasil dan Argentina Kutub sepakbola dunia hanya terbagi dua, yaitu persaingan Eropa dan Amerika Latin. Bukti sahihnya...


No comments: