Header Ads

Header ADS

Major League Soccer ( MLS ), USA, Alternatif Kompetisi Bintang Sepakbola Dunia



Pemain Veteran, Pensiun Atau Pindah Liga

Kompetisi sepakbola Eropa menjadi liga yang paling bergengsi di dunia. Akan tetapi terkonsentrasi di beberapa liga saja. Di urutan teratas ada empat Negara yaitu Liga Inggris (English Premier League), Liga Spanyol (La Liga), Liga Italia (Serie A) dan Liga Jerman (Bundesliga). Kemudian di urutan kedua liga Eropa terdapat liga Prancis dan Liga Belanda.  Sedangkan urutan ke tiga, liga Eropa lainnya, misalnya liga Portugal, liga Rusia, liga Skotlandia dan lain sebagainya.
David Beckam, LA Galaxy, USA
David Beckam Mantan Pemain LA Galaxy, USA

Pemain sepakbola dari Eropa, Amerika Latin, bahkan dari Asia tentu bercita-cita bermain di empat liga teratas tersebut, yang menjadi tempat bergabungnya para bintang sepakbola yang ada di jagad ini. Apalagi  bisa bergabung di klub-klub elit di Inggris, Spanyol, Italia atau Jerman merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi seorang pemain sepakbola.

Dengan pemaparan seperti diatas tergambarkan betapa sulitnya untuk sekedar masuk dalam sebuah klub elit Eropa, dan kebayang juga betapa susahnya lagi ketika sudah bisa bergabung di klub tersebut untuk menjadi pemain andalan atau istilahnya bintang di klub tersebut. Dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi itu tentunya ada parameter bagaimana seorang pemain sepakbola dianggap masih produktif untuk bisa berkontribusi besar di klubnya masing-masing. 

Banyak yang menganggap bahwa pemain dengan usia 30 tahun ke atas adalah batas usia yang bisa di katakana tua. Sang pemain sudah tidak dalam performa puncaknya lagi. Tentunya berlaku pengecualian oleh beberapa pemain yang bisa melewati periode usia tersebut. Kondisi itu berlaku untuk pemain bintang maupun pemain yang biasa-biasa saja.

Pertanyaan muncul ketika sang pemain bintang telah melewati usia 30 tahun, mau kemana dia melanjutkan karirnya, sebelum dia pensiun, sedangkan apresiasi dari klub yang di belanya tentunya sudah tidak sebesar dulu lagi ketika mereka ada di puncak kejayaannya. Ada beberapa alternatif memang, yaitu dengan pindah klub medioker, pindah ke kompetisi divisi di bawahnya, pindah ke liga yang stratanya lebih rendah, kembali berkarir ke negara asalnya atau pindah ke liga di benua lainnya yang notabene lebih rendah persaingannya dari kompetisi Eropa.  Misalnya Negara di Asia seperti Qatar, Jepang, Cina atau India yang menawarkan gaji fantastis untuk mereka yang tergolong veteran.

Major League Soccer ( MLS ) Pilihan Menarik

Pilihan yang lain adalah bermain di liga Amerika Serikat atau yang di kenal dengan Major League Soccer (MLS). Biarpun Major League Soccer baru booming setelah tahun 1996, pasca di helatnya event Piala Dunia di sana. Tetapi MLS dengan managemen dan perencanaan yang sangat baik mampu memberikan alternatif hiburan bagi warga Amerika Serikat yang awalnya lebih gemar NBA dan Softball itu. Kemajuan MLS terlihat dari animo pendukung yang datang ke stadion untuk mendukung tim kesebelasannya masing-masing.

Dan yang sedang trend sekarang adalah banyak bintang sepakbola yang merencanakan “pensiun” dengan bergabung di salah satu klub Major League Soccer tersebut. Ambil saja contoh Adrean Pirlo, dan bahkan rumornya Cristiano Ronaldo juga berniat ke MLS ketika mau pensiun kelak. Secara tidak langsung itu adalah sebuah penghargaan terhadap kesuksesan kompetisi di USA yang bernama Major League Soccer.

Ada beberapa bintang sepakbola dunia yang telah, masih atau akan bergabung dengan peserta kompetisi paling elit di USA tersebut, beberapa diantaranya adalah :
  • New York Red Bulls
Adalah sebuah klub sepakbola Amerika Serikat yang berada di kompetisi Major League Soccer. Klub yang baru di dirikan tahun 1995, dan bermarkas di Harrison, New Jersey. Daftar bintang sepakbola yang pernah memperkuat klub ini adalah : Youri Djorkaeff, Roberto Donadoni, Lothar Matthäus, Thierry Henry, Rafael Márquez, Tim Cahil dan Juan Pablo Ángel
  • Los Angeles Galaxy
Klub sepak bola profesional yang berada di kompetisi Major League Soccer, dan bermarkas di Carson, California. Dengan stadiun yang bernama Stadion Home Depot Center. Daftar bintang sepakbola yang pernah memperkuat klub ini adalah : Abel Xavier, David Beckham, Robbie Keane, dan yang paling mutakhir akan bergabung tentunya Steven Gerrard.
  • ·Seattle Sounders FC
Blub sepakbola yang berbasis di Seattle, Washington. yang berada di kompetisi Major League Soccer, baru didirikan pada tahun 2007. Daftar bintang sepakbola yang pernah memperkuat klub ini adalah : Obafemi Martins.
  • Toronto FC
Daftar bintang sepakbola yang pernah memperkuat klub ini adalah : Jermain Defoe, Julio Caesar (pinjaman)
  • Montreal Impact
Daftar bintang sepakbola yang pernah memperkuat klub ini adalah : Marco Di Vaio
  • Orlando City
Daftar bintang sepakbola yang pernah memperkuat klub ini adalah : Ricardo Kaka

  • New York City FC
Daftar bintang sepakbola yang pernah memperkuat klub ini adalah : Frank Lampard dan David Villa

No comments

Powered by Blogger.