Peringkat Suporter Paling Loyal Di Dunia, Dalam Mendukung Timnas

 on Thursday, January 1, 2015  

Tim Nasional Sepakbola

Olahraga sepakbola memang masih di kuasai oleh Negara dari benua Eropa dan Amerika Latin, Tetapi bukan berarti masyarakat negara di luar benua tersebut tidak fanatik dengan sepakbola. Sebagian orang berpendapat bahwa sepakbola adalah bahasa universal. Suporter atau pendukung sepakbola di sebuah Negara boleh berbeda-beda dalam mendukung klub favoritnya, tetapi jika tim nasionalnya sedang bertanding, mereka serentak seolah menjadi satu saudara senegara dalam mendukung timnasnya.

Suporter Timnas Argentina
Suporter Timnas Sepakbola Argentina

Biarpun mayoritas negara di dunia  menggandrungi sepakbola, tentu ada perbedaan dalam hal kefanatikan suporternya dalam mendukung timnasnya. Ambil contoh saja Indonesia, dulu ketika Piala AFF Senior Indonesia tampil menawan, antusiasme masyarakat untuk mendukung besar sekali, sampai untuk beli tiket saja kudu menginap dulu di senayan pada malam sebelumnya, dan alhasil stadion Gelora Bung Karno sampai tidak mampu menampung besarnya antusiasme penonton timnas kala itu. Tetapi ketika habis itu Timnas Senior jeblok prestasinya, stadion itu tampak sepi dari penonton, hanya segelintir penonton yang datang.

Tim Nasional Inggris
Suporter Tim Nasional Inggris
Kondisi itu tentu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, yang notabene katanya masyarakatnya fanatik terhadap sepakbola. Di banyak negara lain, kondisi serupa juga terjadi. Kehadiran mereka hanya impulsif ketika timnasnya bermain bagus saja, ketika timnasnya terseok-seok yah mending dirumah katanya. Mereka masih pilih-pilih momen untuk mendukung timnas sepakbolanya.

Akan tetapi ada dibeberapa negara tertentu yang kondisi sebaliknya. Mereka begitu setia mendukung Timnasnya apapun kondisinya, baik itu sedang bermain bagus dan berprestasi, atau sedang terseok-seok karena jarang menang atau juara. Suporter tipe seperti inilah yang bisa dikatakan suporter sejati. Jika meminjam slogan klub Liverpool, kira-kira mereka berkata you’ll never walk alone. Slogan yang begitu tinggi maknanya biarpun saya bukan penggemar Liverpool.



Berikut adalah peringkat masyarakat di sebuah negara yang mempunyai suporter tipe sejati, yang setia menemani kemanapun timnas sepakbolanya jika sedang bertanding. Silakan pelototin peringkat dibawah ini, hehe :


1. Suporter Tim Nasional Brasil
Masyarakat Brasil merasa mereka adalah dewanya sepakbola, yang mempunyai skill bola tingkat dewa. Dan dari negara merekalah paling sering lahir dewa-dewa sepakbola yang membuat semua mata kagum seperti Pele, Zico, Romario, Ronaldo, Ronaldinho sampai ke Neymar Jr . Antusias itu terbawa ketika timnas sepakbola Brasil ketika bertanding. Jelas kita lihat pasca Piala Dunia lalu yang diadakan di Brasil, dimana mereka dibantai Jerman dengan skor maha besar yang sangat memalukan, tetapi ketika timnas Brasil main lagi mereka lantas tidak meninggalkannya, mereka tetap setia datang ke stadion untuk memberi dukungan.

2. Suporter Tim Nasional Argentina
Argentina sebagai negara adidaya di sepakbola Amerika Latin bersama Brasil, juga mempunyai suporter yang sangat loyal. Kultur masyarakat yang menempatkan sepakbola sangat tinggi terlihat ketika ada sebagian masyarakat sampai memuja Diego Armando Maradona dalam gereja mereka. Padahal jika mau jujur mereka juara dunia  hanya dua kali, yaitu tahun 1978 era Mario Kempes dan tahun 1986 era Maradona. Bahkan Leonel Messi yang dianggap calon dewa dari  dua dewa sepakbola yang sudah ada (Pele dan Maradona)pun tak berkutik di final dipecundangi oleh Jerman. Suporter Argentina tetap berbondong-bondong memberikan dukungan ketika era Gabriel Batistuta, era Saviola, era Hernan Crespo yang notabene miskin prestasi untuk tim sebesar Argentina.

3. Suporter Tim Nasional Inggris
Inggris sebagai Negara engkongnya sepakbola tentunya memiliki pendukung atau suporter sepakbola yang fanatik dan loyal. Mereka selalu ada disamping timnas Inggris ketika sedang bermain dimanapun di sebuah turnamen. Negara yang sering keok sebelum fase final dan hanya pernah sekali juara, itupun ketika Piala Dunia diadakan di Negara mereka. Dukungan suporter  Inggris yang tidak menuntut, berkali-kali gagal di Piala Dunia dan Piala Eropa, suporternya tetap setia membela The Three Lion.

4. Suporter Tim Nasional Jerman
Jerman merupakan Negara Eropa yang sering memenangi turnamen Piala Dunia dengan 4 tropi yang sudah di genggamnya yaitu di tahun 1954, 1974, 1990, dan di tahun 2014 tentunya. Bahkan tim sepak bola Jerman pernah juga Juara Dunia Wanita ditahun 2011. Dengan sederet prestasi itu sangat wajar jika masyarakat Jerman sangat menggandrungi timnas sepakbola dengan julukan tim diesel mereka.

5. Suporter Tim Nasional Meksiko

Meskipun dikancah sepak bola dunia Meksiko belum bisa dikatakan sebagai negara besar di kancah sepakbola dunia. Meksiko di turnamen Piala Dunia belum sekalipun juara, prestasi terbaik mereka adalah juara di turnamen Piala Konfederasi tahun 1999 dengan di final mengalahkan Brasil dengan Ronaldinho-nya. Tetapi suporter  Meksiko tetap fanatik mendukung kemanapun Timnasnya bermain.

6. Suporter Tim Nasional  Kroasia

Tim sepakbola Kroasia mempunyai prestasi yang mengagumkan ketika di Piala Dunia 1998 yang diadakan di Prancis, mereka keluar sebagai Juara 3, dan Davor Suker merebut top skor di turnamen tersebut. Sebagai Negara yang baru ikut piala dunia tentunya itu menghenyak pecinta sepakbola dunia. Sejalan dengan itu, mereka juga mempunyai suporter yang sangat loyal yang rela menemani timnas Kroasia kemanapun bertanding.

7. Suporter Tim Nasional Turki
Jika anda melihat suasana stadion klub Galatasaray atau Fenerbache, itu sudah lebih dari cukup untuk menggambarkan betapa loyal dan setianya suporter Turki kepada tim nasionalnya. Dengan gairah yang sangat meluap-luap mereka all out mendukung timnas Turki ketika bertanding. Dan jika mereka bertanding di negaranya sendiri, lawan akan merasa bermain di neraka karena besarnya teror dari suporter Turki.

8. Suporter Tim Nasional Ghana
Ghana sebagai juara sepak bola Piala Afrika  4 kali ( 1963, 1965, 1978, 1982) memiliki suporter yang sangat bergairah tentang sepak bola. Itu terlihat ketika Ghana ikut  turnamen Piala Dunia 2006 Piala Dunia 2010 yang dukungan luar biasa dari suporternya. Mereka adalah salah satu Negara Afrika yang paling besar antusiasnya kepada olahraga sepakbola.

9. Suporter Tim Nasional Italia
Suporter sepakbola Italia mempunyai antuasme yang tinggi ketika membela tim negaranya. Ketika kasus pengaturan skor di liga Serie A sedang marak di bicarakan, suporter Italia tidak surut untuk mendukung timnas sepakbolanya di Piala Dunia 2006, biarpun kondisi sepakbola di negara Italia sedang carut-marut. Suporternya tetap ke Jerman untuk melihat Piala Dunia 2006, yang akhirnya Italia menjadi juara dengan mengalahkan Prancis, yang terkenal dengan insiden tandukan Zenedine Zidane.

10. Suporter Tim Nasional Spanyol
La Furia Roja julukan tim nasional Spanyol, mempunyai generasi emas sejak juara berurutan di Piala Eropa 2008 lalu juara Piala Dunia 2010 dan kembali juara Piala Eropa 2012 dengan gaya bermain tiki-taka Iniesta-Xavi-Xabi mereka menggoncang jagad sepak bola.  Suporter Spanyol sebelum kurun waktu Generasi Emas tersebut sudah antusias dengan tim nasionalnya, mereka tetap setia dibelakang timnas sepanyol kemanapun mereka bertanding.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, pertanyaan yang muncul dari hal diatas adalah apakah kita sudah termasuk suporter sejati Timnas Indonesia, Tim Garuda yang setia mendukung mereka baik dalam suka dan duka? Silakan kita merenung yang tentang hal tersebut. Hehe..




Demikian informasi yang bisa kami sajikan ke pembaca, dan semoga informasi ini bermanfaat, dan silakan share tulisan ini ke rekan anda.

"Salam Sukses Sepakbola Indonesia”

Peringkat Suporter Paling Loyal Di Dunia, Dalam Mendukung Timnas 4.5 5 Agung Wijanarko Thursday, January 1, 2015 Daftar Peringkat Tim Nasional Sepakbola Yang Memiliki Suporter Paling Loyal Di Dunia. yang setia menemani kemanapun timnas sepakbolanya jika sedang bertanding. Misalnya Masyarakat Brasil merasa mereka adalah dewanya sepakbola, yang mempunyai skill bola tingkat dewa. Dan dari negara merekalah paling sering lahir dewa-dewa sepakbola yang membuat semua mata kagum seperti Pele, Zico, Romario, Ronaldo, Ronaldinho sampai ke Neymar Jr . Ataupun Argentina dengan Mario Kempes, Maradona dan Leonel Messi-nya Tim Nasional Sepakbola Olahraga sepakbola memang masih di kuasai oleh Negara dari benua Eropa dan Amerika Latin, Tetapi bukan berart...


No comments: