Header Ads

Header ADS

Peringkat Klub Sepakbola Dunia Yang Mempunyai Tipe Suporter Sepakbola Yang Loyal

Suporter Sejati

Perkembangan dunia sepakbola modern sudah menjadi sebuah industri tersendiri, khususnya dalam tataran sebuah tim di klub  profesional. Faktor suporter sepakbola merupakan elemen yang sangat penting dalam perkembangan sepakbola. Klub sepakbola Eropa yang terkenal, contohnya Manchester United, Liverpool, Arsenal, Real Madrid, Barcelona, Juventus, sudah bukan hanya sebatas klub sepakbola tetapi sudah menjelma menjadi sebuah brand internasional. Pendukung klub tersebut tidak hanya dari berasal negara itu, tetapi sudah tersebar di seluruh belahan bumi lainnya. Sebuah animo yang mengagumkan dari sebuah olahraga yang bernama Sepakbola.

Suporter Manchester United
Suporter Manchester United - Inggris
Pada tulisan ini yang akan dibahas bukan tentang klub sepakbola mana yang mempunyai suporter atau pendukung sepakbola paling banyak, tetapi pada kesempatan ini akan mengulas suporter atau pendukung sepakbola mana yang paling setia menonton sebuah klub sepakbola. Parameternya  adalah kehadiran suporter tersebut dalam mendukung timnya bukan disaat klub sepakbola itu berprestasi atau juara, tetapi juga mereka setia mendukung disaat klub atau timnas tersebut dalam keadaan terpuruk. Tulisan ini juga bukan untuk membahas kelakuan baik atau buruk dari sebuah suporter sepakbola.

Juga bukan suporter sepakbola atau pendukung sepakbola yang hanya datang menonton ke stadion kalau klub favoritnya berhadapan dengan lawan yang hebat, tetapi mereka juga rela datang ke stadion saat  tim favoritnya menghadapi lawan yang enteng atau ecek-ecek. Dalam bahasa saya, mereka datang menonton ke stadion sepakbola itu hanya ingin  melihat tim favoritnya bermain, tidak peduli siapa yang menjadi lawan tandingnya. Mereka adalah suporter atau pendukung sepakbola yang sejati.

Suporter Barcelona
Suporter Barcelona - Spanyol
Seperti yang anda tahu bahwa banyak klub sepakbola profesional yang kursi stadionnya penuh sesak penonton hanya saat klub sepakbola tersebut berprestasi atau mungkin juara, tetapi disaat mereka sedang dalam keadaan terpuruk, kondisi kursi stadion mereka menjadi kosong melompong. Anda pasti tahu klub sepak yang mengalami hal tersebut. Apakah anda merupakan tipe pendukung seperti itu? Hanya anda sendiri yang tahu.

Memang banyak faktor yang menjadikan suporter sepakbola tersebut mempunyai jiwa sejati dalam mendukung klub favoritnya. Antara lain faktor kedekatan suporter dengan klub karena ada ikatan emosional kedaerahan, etnis dan lainnya. Ada juga karena kesamaan antara suporter dan tim sepakbola dalam hal idealisme, historis dan ada pula yang mempunyai kesamaan dalam hal pola permainan yang diusung dalam sebuah klub bola. Dan tentunya banyak faktor lainnya yang mempengaruhi seseorang untuk menjadi suporter sejati sebuah tim sepakbola.

Dibawah ini adalah 15 peringkat dari sekelompok suporter sepakbola atau pendukung sepakbola yang memiliki tingkat loyalitas paling tinggi :


01. Suporter Barcelona (Spanyol) 

Bagi penggemarnya di Cataluna, klub FC Barcelona, adalah bukan sekedar klub sepakbola atau istilahnya Mes Que en klub. Klub sepakbola yang tenar dengan pola permainan tiki-taka ini bagi sebagian orang di Cataluna merupakan simbol perlawanan untuk memisahkan diri dari negeri Spanyol. FC  Barcelona juga sangat memperhatikan binaan pemain untuk jenjang junior sering di sebut dengan La Masia , yang telah melahirkan banyak bintang sepakbola misalnya Pep Guardiola, Iniesta, Leonel Messi, dan lainnya.

02. Suporter Celtic  FC (Skotlandia) 

Di Skotlandia ada dua klub besar yang mempunyai rivalitas panjang, Celtic FC, atau sering di sebut Glasgow Celtic yang mempunyai penggemar dengan basis agama Katholik, dan satu lagi tentunya Rangers FC atau Glasgow Rangers dengan fans berat berbasis agama Kristen. Celtic FC yang mempunyai julukan The Bhoys, mempunyai pendukung berat yang setia memenuhi stadion Celtic Park saat tim kesayangannya bertanding.

03. Suporter Liverpool (Inggris)
You are never walk alone, slogan itu sudah menggambarkan bagaimana setianya suporter klub Liverpool.  Mereka tetap berbondong-bondong memenuhi pertandingan Liverpool baik kandang maupun tandang. Mereka tetap sedia memberi  dukungan biarpun klub kesayangannya sudah lama tidak mencicipi manisnya gelar Liga Inggris. Wow !!

04. Suporter Galatasaray (Turki)
Turki terkenal dengan suporter super gilanya untuk urusan sepak bola. Banyak tim papan atas Eropa ngeper  jika bertanding di Istambul Turki, karena aura stadionnya yang sangat menyeramkan bagi lawan. Klub Galatasaray adalah salah-satunya.

05. Suporter Fenerbahce (Turki) 

Rivalitas supporter Fenerbache dengan Galatasaray sangat mengakar. Selain sangat setia sama klubnya suporter Fenerbache kadang bertindak anarkis dan rasis, apalagi jika bermain di Sukru Saracoglu Stadium. Kubu lawan dibuat seolah sedang bermain di neraka oleh supporter Fenerbache jika bertanding di stadion tersebut.

06. Suporter Boca Juniors (Argentina) 

Boca Junior tercatat sebagai klub papan atas di Argentina, klub yang berbasis di Buenos Aires ini memiliki julukan Xeneizes mempunyai supporter yang sangat militan dan setia dalam mendukung klubnya. Seperti diketahui bagi orang Argentina sepakbola tingkatannya hampir setara dengan agama !!

07. Suporter Flamengo (Brasil) 

Klub di Rio De Janeiro yang pernah di singgahi oleh Ronaldinho ini mempunyai pendukung tidak kurang dari 39.1 juta orang yang sangat loyal. Klub tersebut tercatat belum pernah terdegradasi ke divisi dibawahnya.

08. Suporter Red Star Belgrade  (Serbia) 

Dikenal dengan supporter yang gemar menonjolkan ke-Serbia-nya. Dengan nilai kultur yang diperjuangkan itu pernah lahir pasukan dengan nama Arkan Tiger. Mereka terbentuk oleh rasa ingin memberontak waktu jaman masih bergabung dengan Yugoslavia.

09. Suporter Arsenal (Inggris) 

Bagi penggemar sepakbola indah, Arsenal bisa jadi salahsatu pilihan untuk supporter sepakbola. Filosofi bermain yang dikembangkan oleh Arsene Wenger mampu menghipnotis pendukungnya untuk setia memberi semangat pada para pemain Arsenal meskipun sudah lama sudah tidak menggenggam tropi.

10. Suporter Real Madrid (Spanyol) 

Real Madrid yang didirikan pada tanggal 6 Maret 1902 bisa dibilang klub eropa paling tenar sekarang, dengan kegemarannya mengumpulkan para pemain super sehingga di juluki Galaticos.  Pendukung klub ini menyebar sampai seluruh penjuru negara. Penggemarnya juga terus setia mengisi kursi stadion Santiago Bernabeu.

11. Suporter Manchester United (Inggris) 

The Red Devils sekarang merupakan klub milik keluarga Glazer. Manchester United merupakan klub sepakbola modern yang sangat kaya dan mempunyai pendukung yang setia menemani MU bertanding. Pasca gemerlap era Sir Ferguson yang sangat sukses dengan 38 tropi dalam rentang kepelatihannya 26 tahun. Di era gelap kepelatihan David Moyes terlihat pendukung MU tetap tidak bergeming meninggalkan bangku stadion.

12. Suporter Chivas De Guadalajara (Meksiko) 

Di Meksiko selain Club America, klub sepakbola Chivas De Gualajara mempunyai pendukung yang paling keren. Mereka sanggup menemani laga tandang setiap minggunya ketika klub kesayangannya bertanding di luar kota bahkan diluar Meksiko.

13. Suporter Borussia Dortmund (Jerman) 

Penonton yang rela datang ke stadion Signal Iduna Park, Dortmund bertahun-tahun prosentasenya sangat fantastis yaitu diatas 90%. Data tersebut mudah untuk menggambarkan loyalitas suporternya. Pendukungnya yang mempunyai julukan Die Schwarzgelben atau Hitam Kuning terjemahan bebasnya.

14. Suporter Juventus (Italia) 

Wakil dari Italia satu-satunya dalam ini adalah Juventus. Melihat animo liga Serie A yang cenderung menurun, tetapi Juventus mempunyai penggemar yang paling loyal di musim-musim terakhir ini. Tercatat tiket pertandingan yang terjual masih berkisar diangka 77%. Angka tersebut masih diatas klub Serie A lainnya.

15. Suporter Seattle Sounders (Amerika Serikat) 

Mungkin anda masih asing dengan klub ini, klub sepakbola dari Amerika anggota MLS ini bermarkas di Seatle Washingthon. Klub yang dibangun tahun 2007 ini, bahkan mengambil nama Sounders sendiri lewat hasil jajak pendapat pendukungnya via internet. Sebuah keterlibatan yang tinggi dalam sebuah era sepakbola modern. Tak ayal jika pendukung klub ini sangat merasa memiliki klub kesayangannya.


Demikian informasi yang bisa kami sajikan ke pembaca, dan semoga informasi ini bermanfaat, dan silakan share tulisan ini ke rekan anda.

"Salam Sukses Sepakbola Indonesia”

1 comment

BeritaBolaTerbaru said...
This comment has been removed by the author.
Powered by Blogger.