Header Ads

Header ADS

Daftar Derby Legenda Paling Seru di Dunia

Pertandingan Derby

Bagi kebanyakan suporter fanatik menganggap bahwa pertandingan sepakbola tidak cuma olahraga, tapi lebih dari itu bisa menyangkut harga diri kelompok, suku, etnis, budaya, daerah bahkan agama. Sebuah hasil pertandingan bisa merasuki setiap sendi kehidupan suporter fanatiknya, ada banyak variable yang tersangkut dalam sebuah pertandingan sepakbola.
Manchester United Vs Liverpool
Derby North West - Manchester United Vs Liverpool


Terlebih jika itu pertandingan derby sepakbola, aura persaingan antara dua kubu semakin kental. Disini seolah yang sedang bertanding bukan pemain sepakbolanya saja, antara dua kubu suporter juga kerap terlibat persaingan yang kadang berujung gesekan fisik. Bahkan ada semboyan, boleh kalah dengan klub yang lain asal bukan kalah dengan klub seterunya ini.

Barcelona Catalonia
Fans Barcelona, Mereka Merasa Bukan Bagian Dari Spanyol

Berikut adalah 10 besar  pertandingan derby sepakbola yang sangat melegenda dan sudah terjadi sejak puluhan tahun yang silam dan tetap akan panas sepanjang waktu :


10. Corinthians vs Palmeiras (Brasil)
Pertandingan ini di kenal dengan sebutan Derby Paulista, sebuah pertandingan antara dua klub sepakbola di negara bagian Sao Paolo, Brasil. Pertandingan antara Palmeiras vs Corinthians selalu menarik rakyat Brasil ketika mereka saling berhadapan.

9. Nacional vs Penarol (Uruguay)
Uruguay Clasico adalah pertarungan antara dua tim sepakbola terbesar di Montevideo, yakni Nacional vs Penarol, dan itu terjadi sejak akhir abad 19. Saking tingginya tensi pertandingan derby ini, banyak pemain yang saling baku hantam di dalam pertandingan, dan ada beberapa pemain harus masuk penjara karena perkelahian itu.

8. Fenerbahce vs Galatasaray (Turki)
Derby sengit Istanbul  antara klub terbesar dan tersukses sudah terjadi lebih dari satu abad silam, sebuah pertandingan yang mempunyai tensi tinggi antara dua klub yang memperebutkan siapa yang pantas berkuasa di Turki. Saking panasnya tensi permainan, persaingan itu tidak hanya di cabang sepakbola tetapi sudah merambah kecabang lainnya yang merupakan group klub tersebut seperti basket, voli, atletik, dayung.

7. Internazionale vs Milan (Milan-Italia)
Derby della Madonnina, Pertandingan antara AC Milan dan Internazionale adalah dua klub sepakbola papan atas dari kota Milan. Bagi pecinta sepakbola derby ini termasuk yang paling ditunggu-tunggu, karena kedua tim mempunyai pemain kelas dunia. Kata "Derby della Madonnina" sendisi adalah untuk menghormati tempat wisata patung Bunda Maria di atas Duomo di kota Milan,, atau biasa disebut "Madonnina".

6. Liverpool vs Manchester United (Inggris)
Pertarungan kedua tim ini kadang-kadang disebut sebagai derby North West. Karena Liverpool dan Manchester United berasal dari North West of England, Gengsi mereka diperebutkan setiap musimnya untuk bersaing siapa yang pantas menjadi klub dengan perolehan juara liga Inggris terbanyak.

5. Internazionale vs Juventus (Italia)
Sebutan Derby d'Italia dikemukakan oleh jurnalis olahraga terkenal Italia di 1967, Gianni Brera. Awalnya istilah penyebutan ini adalah pertandingan antara dua tim sepakbola Italia yang belum pernah mengalami degradasi dibawah liga Serie A. Hal ini terjadi sebelum Juventus dipaksa terdegradasi karena kasus Calciopoli. Tetapi aura Derby d'Italia sudah terlanjur sengit dan panas bagi kedua pendukung sepakbola.

4. Boca Juniors vs River Plate (Argentina)
Pertandingan antara Boca Juniors vs River Plate sering di sebut Superclasico. Nama tersebut secara jelas menggambarkan betapa keras persaingan antara dua klub sepakbola Argentina yang paling popular dan paling sukses. Sampai-sampai The SuperClasico oleh surat kabar Inggris, di tempatkan di bagian atas daftar "50 hal olahraga harus Anda lihat sebelum Anda mati".

3. Celtic vs Rangers (Glasgow - Skotlandia)
Derby Old Firm antara Celtic melawan Rangers dikenal sangat panas, ini lebih dari sekedar pertandingan sepakbola, Derby ini sudah mencakup agama, politik dan pertentangan sosial satu sama lainnya. Bahkan persaingan derby ini dianggap banyak kalangan sebagai salah-satu yang paling panas di dunia karena hal-hal diluar sepakbola itu sendiri.
Klub Rangers identik dengan kaum Protestan, sementara Celtic identik dengan kaum klub Katolik.

2. Lazio vs Roma (Roma – Italia)
Pertarungan AS Roma vs Lazio sering disebut Derby della Capitale atau Derby ibukota Italia.

1. Real Madrid vs Barca (Spanyol)
El Clasico adalah pertandingan yang paling ditunggu oleh penikmat sepakbola dunia, apalagi suporter di Barcelona maupun di Madrid, antara dua klub terbesar didunia. Selain itu pertandingan El Clasico ini kerap dianggap mirip dalam konteks antara derby antara Celtic vs Rangers di Skotlandia, karena masing-masing klub dipandang mewakili dari dua daerah Spanyol yang berseteru, yakni Catalonia dan Castile. Yang seperti kita ketahui bahwa orang-orang cataluna ingin memisahkan diri dari Spanyol.




Demikian informasi yang bisa kami sajikan ke pembaca, dan semoga informasi ini bermanfaat, dan silakan share tulisan ini ke rekan anda.

"Salam Sukses Sepakbola Indonesia”

No comments

Powered by Blogger.