Header Ads

Header ADS

Mengenal Ballon d’Or, Penghargaan Performan Pemain Sepakbola Dunia dalam Setahun

Penghargaan Ballon d'Or

Bola emas, adalah arti dari penghargaan Ballon d’Or yang diadakan setiap tahun untuk mengapresiasi performa kiprah pemain sepakbola yang ada di liga Eropa dalam setahun terakhir. Dan pemain yang terpilih di nobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa di tahun itu. Penghargaan itu awalnya di prakarsai oleh Gabriel Hanot, seorang penulis media di Prancis yaitu majalah France Football, di tahun 1956. Dan awalnya yang menentukan siapa pemain terbaik Eropa itu adalah rekan-rekan wartawan kolega Gabriel Hanot. Pemain pertama yang mendapatkan gelar itu ialah Stanley Matthews dari klub Inggris, Blackpool.
Cristiano Ronaldo, Real Madrid, Ballon d'Or
Cristiano Ronaldo, Real Madrid, Ballon d'Or
Awalnya selain yang memilih adalah para wartawan, pemain yang dipilih adalah pemain sepakbola yang berasal dari benua Eropa. Pemain dari Amerika Latin yang berprestasi seperti Maradona misalnya tidak bakal bisa mendapatkan penghargaan itu, karena bukan berasal dari Eropa biarpun bermain pernah di liga Belanda, Spanyol dan Italia. Itu menjadi sebuah pertanyaan besar untuk mempertanyakan kredibilitas penghargaan Ballon d’Or.

Baru tahun 1995 diadakan perubahan aturan, bahwa yang bisa meraih penghargaan itu adalah semua pemain yang bermain di liga Eropa, dari manapun pemain sepakbola itu berasal. Dan terpilih pemain AC Milan non Eropa yang berhasil memenangkannya di tahun itu, dia adalah George Weah.

Kemudian di tahun 2007, aturan kembali dirubah, bahwa yang semua pemain sepakbola dan bermain di liga mana saja di seluruh dunia mempunyai kemungkinan mendapatkan perhargaan tersebut. Dengan jumlah pemilih (wartawan) juga di tambah, mereka juga wartawan berasal dari seluruh dunia, sehingga title pemain terbaik Eropa berubah menjadi pemain terbaik dunia, tentunya versi Ballon d’Or.

Merger dengan FIFA

Akhirnya di tahun 2010, Ballon d’Or merger dengan FIFA, dan menjadi penghargaan pemain terbaik dunia resmi versi FIFA. Dan pemain Argentina asal klub Spanyol, Barcelona yang pertama meraih penghargaan tersebut, dia adalah Leonel Messi. Dan terpilih baru-baru ini anda semua tentunya sudah tahu adalah Cristiano Ronaldo, pemain Portugal asal klub Real Madrid.


Jika dari awal penyelenggaraan sampai tahun 2015 ini tentunya lahir data statistik dari pernghargaan tersebut. Berikut adalah diantaranya : Barcerlona sebagai klub sepakbola yang paling sering menggondol penghargaan ini sebanyak 9 kali. Real Madrid bergabung bersama AC Milan dan Juventus untuk kategori klub yang paling sering mendapatkan penghargaan tersebut, yaitu 8 kali. Di bawahnya ada klub Bayern Munchen yang pemainnya pernah meraih gelar tersebut sebanyak 5 kali. Dan sampai tahun 2015 ini pemain yang paling banyak berhasil mendapat gelar tersebut adalah Leonel Messi, sebanyak 4 kali berturut-turut.

No comments

Powered by Blogger.