Header Ads

Header ADS

Diego Simeone, Pemain dan Pelatih Atletico Madrid Yang Menjadi Juara La Liga



Simeone dan Klub Sepakbola

Pahlawan Atletico itu lahir di Argentina pada tahun 1970, memiliki nama lengkap Diego Pablo Simeone, dan sering  di panggil Cholo. Julukan itu berasal dari pelatih klub Victorio Spinetto,  saat itu dia masih berusia 14 tahun, yang menggambarkan sebagai pemain yang penuh semangat.   
Diego Simeone - Sewaktu Menjadi Pemain Atletico Madrid
Diego Simeone - Mantan Pemain Atletico Madrid
Simeone mengawali bermain bola senior di klub Velez Sarsfield, selama tiga tahun yaitu tahun 1987 sampai 1990. Di klub tersebut Cholo mencetak 14 gol dari 76 pertandingan. Selepas itu dia pindah bermain ke Italia, di pinang klub sepakbola Pisa, klub tersebut kena degradasi dan setahun kemudian dia pindah bermain klub yang lebih besar dengan menerima ajakan klub Spanyol, Sevilla. Di Sevilla pun Simeone tidak terlalu lama bermain hanya dua musim. 

Pada tahun 1994, dia pindah ke klub yang membesarkan namanya yaitu Atletico Madrid, di klub tetangga Real Madrid itu dia berhasil membawa klub tersebut juara La Liga tahun 1995, yang sudah 18 tahun tidak pernah di rengkuh oleh Atletico, yang terakhir kali juara tahun 1977. Dan hebatnya bukan Cuma gelar La Liga, gelar Copa Del Rey pun di persembahkan oleh Simeone dan kawan-kawan.

Akan tetapi baru bermain empat musim, ditahun 1997 dia balik lagi bermain di Italia bersama klub raksasa Inter Milan, membentuk klan Argentina di tim tersebut bersama Hernan Crespo, Veron, Almeyda, dan Nestor Sensini, di kombinasikan dengan Ronaldo dari Brasil, mereka merebut Piala UEFA. Tidak puas disitu, Simeone lagi-lagi ganti klub giliran Lazio yang di perkuat dia sampai tahun 2003, hebatnya dia memenangkan gelar Serie A dan Coppa Italia ditahun yang sama.

Edisi kedua reuni dengan Atletico Madrid terjadi pada tahun 2003-2005. Di rentang waktu itu Simeone kembali membela klub yang telah member gelar liga pertamanya. Di Atletico edisi ke dua sebagai pemain, dia bermain sebanyak 165 kali dan mencetak 31 gol. Sebelum pensiun dari pemain sepakbola Simeone balik ke Argentina dengan memperkuat klub Racing.
Karir timnas Tango, juga pernah dia cicipin, mulai dari timnas U-20 dan Timnas Senior. Untuk timnas senior sendiri dia sudah bermain sebanyak 106 di rentang waktu 1988-2002 dengan mencetak 11 gol. Dengan memenangkan gelar Piala Copa Amerika sebanyak dua kali ( 1991 dan 1993) dan juga gelar FIFA Confederations Cup di tahun 1992.

Karir Kepelatihan Diego Simeone

Karirnya di awali menjadi manager di klub Racing, Argentina, selepas dia pensiun sebagai pemain di klub tersebut. Dia juga pernah menjadi pelatih klub Argentina lainnya, Estudiantes de la Plata, klub yang di bawa menjadi juara Liga Clausura Argentina setelah berpuasa gelar selama 23 tahun, dan dia terpilih menjadi manager terbaik oleh suratkabar setempat.

Pelatih yg di panggil Cholo pada tahun 2007 di rekut menjadi pelatih klub elit Argentina, River Plate. Dengan klub ini dibawa memenangkan kejuaraan Clausura 2008. Di tahun 2011, Simeone berganti sampai tiga klub yang ditanganinya yaitu Catania (Italia), Racing (Argentina) dan terakhir tentunya Atletico Madrid (Spanyol)
.
Diego Simeone, Pelatih Atletico Madrid
Diego Simeone, Pelatih Atletico Madrid
Kedatangan Diego Simeone yang ketiga ini tentunya sebagai pelatih, setelah dua kali datang sebagai pemain. Dan Tidak menunggu lama klub ini langsung di persembahkan gelar Liga Europa, dan juga juara Liga Super Eropa dengan mengalahkan juara Liga Champions, Chelsea dengan skor 4-1.

Yang membikin suporter Atletico bangga adalah di tahun 2013, Simeone mengantarkan klub itu mengalahkan musuh bebuyutannya, Real Madrid¸dan menjadi juara Copa del Rey, dengan skor 2-1 di final yang di adakan di Santiago Bernabeu. Dan yang lebih hebat di musim 2013-2014 dia bisa mengantarkan Atletico menjadi juara La Liga, mengalahkan Barcelona dan Real Madrid, finalis Liga Champion dan berada di tiga besar klasemen akhir musim tersebut. El Cholo tercatat sebagai satu-satunya pemain dan pelatih yang bisa menjadi juara La Liga di klub Atletico Madrid.

No comments

Powered by Blogger.