Header Ads

Header ADS

Stadion Utama Gelora Bung Karno Harusnya Untuk Siapa ? Sadarkan PSSI Dan Negara Kita

 SGBK Stadion Nasional Republik Indonesia

Sebuah klub atau timnas sepakbola ketika bertanding selain butuh persiapan latihan fisik, analisa tentang kekuatan calon lawan, analisa taktik yang akan digunakan, ada faktor lain yang bisa membikin performa kekuatan tim sepakbola itu bertambah. Apa itu ? Tentunya dukungan besar dari suporternya di stadion. Ada yang bilang kalau suporter adalah pemain ke 12, tentunya tidak sepenuhnya salah. Ketika pemain melihat teriakan dukungan suporternya di tribun penonton, semangat bertandingnya akan muncul kembali, dan peak performance pun tercipta.

Stadion Gelora Bung Karno Alias Stadion Senayan
Stadion Gelora Bung Karno ( Stadion Senayan), Indonesia
Dukungan banyak suporter di stadion? Kata banyak disini tentunya berhubungan dengan jumlah tempat duduk di dalam stadion itu sendiri yang berbanding lurus dengan total penonton yang mungkin bisa datang ke stadion untuk men-support tim sepakbola kesayangannya. Stadion selain faktor fasilitas, kenyamanan dan keamanannya, jumlah tempat duduk juga mempengaruhi prestise sebuah tim yang akan berlaga di tempat tersebut, dan biasanya itu stadion nasional. Misalnya, klub sepakbola Inggris akan sangat bangga jika bisa bertanding di Stadion Wembley. Karena klub yang bisa bermain disitu hanya finalis Piala FA (selain Timnas), ada kebanggaan tersendiri bagi seorang liga inggris pemain bisa merasakan main di Wembley.

Stadion Gelora Bung Karno = Sebuah Prestise ?


Kudunya itu berlaku di Indonesia, pemain Liga Indonesia kudunya akan sangat bangga mempunyai kesempatan main di Stadion Gelora Bung Karno , stadion nasional kebanggaan Indonesia. Tetapi  disini kondisinya ngga begitu. Semua pemain Liga Indonesia dapat dengan mudah bisa bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, kenapa bisa begitu? Ya karena stadion tersebut sekarang menjadi home base-nya klub Persija Jakarta. Jadi siapapun lawan Persija ya pasti akan bisa merasakan bermain di sebuah stadion nasional yang megah itu. Bagi saya itu ironis !



The Jakmania Persija
The Jakmania Ketika Mendukung Persija Di Stadion Utama Bung Karno
Kenapa ironis? Ada beberapa hal yang saya rasakan, pertama, saya pengennya aura stadion Gelora Bung Karno itu sama seperti Wembley, stadion nasional Inggris. Setiap pemain Indonesia jadi terbawa mimpi untuk bisa main disitu, karena yang bisa main di SGBK adalah klub atau pemain yang berprestasi lebih. (Kudunya lho). Ironis kan?  Kalau Negara yang lain bisa menjadikan Sation Nasionalnya hanya untuk timnas dan final kompetisi sepakbolanya saja,  kenapa di Indonesia stadion SGBK di umbar hanya untuk sebuah klub?

Negara lain saja bisa, ambil contoh Malaysia dengan stadion Nasional Bukit Jalil, Singapura (Stadion Nasional Singapura), Vietnam (Stadion Nasional Mỹ Đình), Inggris (stadion Wembley), Prancis (Stade de France), Uruguay (Stadion Centenario), Nigeria (Stadion Abuja), Belgia (Stadion Raja Baudouin), Afrika Selatan (Soccer City) dan banyak lainnya. Bahkan negara miskin seperti Zimbabwe bisa menjadikan stadion Olahraga Nasionalhanya untuk timnas. Kenapa Indonesia ngga bisa?

Kedua, Bagi sebuah klub IBU KOTA, yang katanya paling kaya se Indonesia, ironis pemerintah daerah DKI Jakarta atau pengurus Persija tidak mampu membikin stadion sendiri untuk klub sepakbola kebanggaan warganya. Saya rasa sebagian atau bahkan mayoritas The Jakmania malu mempunyai klub yang cuman bisa nebeng atau ngontrak di tempat orang. Seperti Orang kaya kok ngontrak ngontrak rumah untuk tinggal, aneh ngga teman-teman. Maaf, ini bukan bermaksud menyakiti hari The Jakmania, justru membangkitkan semangat kepada The Jakmania untuk menuntut rumah sendiri yang layak bagi Persija yang disayangi. Karena seenak-enaknya ngontrak di tempat bagus lebih berwibawa jika mempunyai rumah jelek tapi milik sendiri, apalagi katanya kaya. Itu sih menurut saya, kalau menurut teman-teman bagaimana  komentarnya?



Demikian informasi yang bisa kami sajikan ke pembaca, dan semoga informasi ini bermanfaat, dan silakan share tulisan ini ke rekan anda.

"Salam Sukses Sepakbola Indonesia”









No comments

Powered by Blogger.