Header Ads

Header ADS

Daftar Kiper Sepakbola yang Sering Mencetak Gol

Kiper Produktif adalah Aneh

Tugas seorang kiper sebuah kesebelasan adalah murni menjaga gawang tim itu dari jebolan pemain lawan. Tidak terbersit sedikitpun oleh seorang pelatih untuk menugaskan seorang kiper mencetak gol. Dan itu adalah tanggung jawab sepuluh pemain sepakbola lainnya di tim tersebut yang terutama seorang striker. Seorang kiper yang tangguh adalah jika berhasil melakukan sejumlah penyelamatan yang gemilang sehingga membuat penyerang lawan menjadi frustasi.

Jose Luis Chilavert, Rene Higuita, Rogerio Ceni

Jose Luis Chilavert, Rene Higuita, Rogerio Ceni

Bagaimana jika ada beberapa kiper yang keluar dari habitat aslinya, dan membantu penyerangan atau berusaha membantu mencetak gol. Banyak faktor yang memungkinkan hal tersebut bisa terjadi, diantaranya adalah kenekatan dan kepercayaan diri yang sangat tinggi dari seorang penjaga gawang, hal lain adalah kultur sepakbola setempat yang lebih longgar dalam menerapkan pakem pola permainan. Jika hal tersebut (kiper berusaha mencetak gol) di lakukan di liga Eropa seperti Premier League, La Liga, Serie A ataupun Bundesliga, kiper tersebut dipastikan akan mendapat semprotan kemarahan dari pelatihnya, baik dia berhasil mencetak gol, apalagi jika gagal, dan gawangnya balik di serang oleh lawan. 

Sebuah hal yang rasanya tidak mungkin di lakukan di kompetisi elit Eropa saat ini. Akan tetapi di kompetisi sepakbola lainnya dengan kultur yang berbeda pula, ada beberapa kipper yang sanggup mempertaruhkan reputasinya dengan berusaha mencetak gold an berhasil. Di Artikel ini akan kami paparkan lima kiper yang berhasil mencetak gol paling banyak ke gawang lawan selama dia berkarir.

Rangking 5 Kiper Yang Mencetak Gol Paling Banyak

5. Dimitar Ivankov
Kiper asal Bulgaria ini mengawali karir di klub lokal, Levski Sofia.  Dimitar Ivankov  juga pernah memperkuat klub Turki, Kayserispor dan Bursaspor. Kelebihan dia adalah dalam mengeksekusi bola mati. Dari total 31 gol kesemuanya itu di cetaknya di level klub, sedangkan untuk level tim nasional Bulgaria dia tidak pernah mempunyai kesempatan mencetak gol. Di tiga klub diatas dia berhasil mempersembahkan gelar juara, misalnya ketika di Levski Sofia, dia berhasil juara liga tiga kali berturut-turut ( 2000-2002), dan 4 kali juara Piala Bulgaria. Di Kayserispor dia berhasil juara Piala Turki tahun 2008, sedangkan sewaktu di Bursaspor dia malah juara Liga Turki di tahun 2010.

Dimitar Ivankov
Dimitar Ivankov

4. Johnny Martin Vegas
Kiper ini menghabiskan sebagian besar karir sepakbola di klub Peru, banyak klub yang sudah pernah dia bela seperti klub : Sport Boys,Union Huaral, Universidad San Martin, FBC Melgar, Sporting Cristal, Sport Ancash, Cienciano, Alianza Atletico, Union Comercio dan terakhir klub Pacífico.  Jumlah gol paling banyak yang berhasil dia cetak ketika bermain di klub Sport Boys dengan mencetak 20 gol dari 189 pertandingan. Sedangkan total gol yang dia buat adalah 39 gol dalam 410 pertandingan. Johnny Martin Vegas juga pernah memperkuat timnas Peru sebanyak tiga kali tanpa mencetak gol.
 
Johnny Martin Vegas
Johnny Martin Vegas
3. Rene Higuita
Si Gila atau El Loco adalah julukan dari Rene Higuita, kiper dari Kolombia ini. Berbagai aksi nekat selain mencetak gol adalah kadang dia menggiring bola sampai tengah lapangan, atau mementahkan tendangan lawan ke gawangnya dengan kedua kaki bagian belakang layaknya seperti kalajengking yang sedang terbang.

Klub yang pernah dia singgahi adalah Millonarios, Atlético Nacional, Real Valladolid, Atlético Nacional, Veracruz, Independiente Medellín, Real Cartagena, Atlético Junior, Deportivo Pereira, Aucas, Bajo Cauca, Guaros, FC Leones dan terakhir klub Deportivo Pereira.  Aksi hebatnya dalam mencetak gol ketika bermain di Independiente Medellín, ketika mencetak 11 gol hanya dalam 20 pertandingan.  Dari total 44 gol yang berhasil dia ciptakan, lebih gilanya dia pernah menciptakan 3 gol ketika membela tim nasional Kolumbia.
 
Rene Higuita
Rene Higuita
2. Jose Luis Chilavert
Kiper asal Paraguay selain berkarir di kompetisi di negaranya juga pernah bermain di Spanyol bersama klub Real Zaragoza dan bermain di liga Argentina bersama klub Velez Sarsfield dan San Lorenzo, serta bermain di Prancis ketika memperkuat klub Strasbourg. Kegemarannya mencetak gol dia buat ketika membela Velez Sarsfield ketika itu dia berhasil mencetak 48 gol dari empat musim memperkuat klub tersebut. Sedangkan total gol yang berhasil di ciptakan adalah 67 gol, dimana 8 gol diantaranya di ciptakan ketika dia memperkuat tim nasional Paraguay.
Jose Luis Chilavert
Jose Luis Chilavert

1. Rogerio Ceni
Kiper nomer satu dalam hal mencetak gol di pegang oleh Rogerio Ceni, seorang pemain Brasil. Pemain ini mencetak kesemua golnya ketika membela klub Sao Paulo, baik itu lewat tendangan bebas atau tendangan pinalti. Lebih dari 100 gol yang berhasil dia ciptakan. Banyak gelar klub dan gelar individu yang berhasil dia raih, lebih jelasnya tentang Rogerio Ceni bisa dibaca disini.
 
Rogerio Ceni
Rogerio Ceni

No comments

Powered by Blogger.