Header Ads

Header ADS

Rogerio Ceni, Kiper Eksentrik Yang Mencetak Lebih Dari 100 Gol



Kiper Paling Produktif di Dunia


Seorang pemain sepakbola di posisi depan apalagi striker mencetak gol adalah sebuah kewajaran, Bahkan di jaman sepakbola modern ini seorang bek mencetak gol sudah mulai dianggap wajar. Dengan perkembangan pola permainan sepakbola sekarang, seorang bek seperti Roberto Carlos (bek Real Madrid) atau Daniel Alves, Gerard Pique (bek Barcelona) semakin sering mempunyai peluang mencetak gol. Tetapi bagaimana jika seorang kiper bisa mencetak gol? Apalagi jumlah yang di cetak kegawang lawan lebih dari 100 gol? Ini baru luar biasa. Rogerio Ceni, kiper eksentrik asal Brasil yang bisa melakukannya. Siapa dia? Ikuti ulasannya dibawah ini.

Rogerio Ceni, Kiper Sao Paulo dan Timnas Brasil
Rogerio Ceni, Kiper Sao Paulo, Brasil


Anak laki-laki yang lahir di Pato Branco, Parana, Brasil di tahun 1973 ini mempunyai nama lengkap Rogerio Ceni Mucke. Menjadi pemain sepakbola di negeri Samba sebagai seorang kipper, sebuah posisi yang tidak begitu di minati di negeri itu. Anak-anak Brasil mayoritas bermimpi menjadi striker handal yang bisa mencetak banyak gol gawang lawan, atau mimpi menjadi playmaker yang bisa mempertontonkan keahlian menggocek bola di lapangan. Sedangkan posisi pemain belakang apalagi kiper dianggap posisi yang kurang menarik di Negara yang menganut pola bermain yang ofensif.


Tapi Rogerio Ceni adalah kiper yang eksentrik, dia tidak hanya menjaga gawang supaya tidak kebobolan, tetapi juga bisa mencetak gol ke gawang lawan. Bahkan yang dicetaknya totalnya lebih dari 100 gol, dan semua itu dibuat ketika membela klub raksasa Brasil, Sau Paulo. Lebih rincinya adalah sebagai berikut :

  • Kompetisi Serie A Brasil : 62 gol dari 554 pertandingan
  • Kompetisi Copa do Brasil : 3 gol dari 62 pertandingan
  • Kompetisi Continental Competitions : 18 gol dari 117 pertandingan
  • Kompetisi lainnya : 38 gol dari 335 pertandingan
  • Pertandingan persahabatan : 2 gol dari 37 pertandingan

Jadi total gol yang di cetak kiper Rogerio Ceni adalah 123  dari 1,105 pertandingan dari semua kompetisi bersama klub sepakbola Sau Paulo. Yang ke semua gol tersebut di cetaknya lewat tendangan bebas dan pinalti. Dan jumlah tersebut jauh melebihi catatan gol kiper-kiper lainnya, nantikan artikel selanjutnya tentang kiper yang bisa mencetak gol ke gawang lawan.

Perjalanan Karir Sepakbola Rogerio Ceni


Debut kiprahnya sebagai kiper senior di klub Sinop Futebol Clube, yang dibelanya sejak masih junior, yang dibawanya menjadi juara Mato Grosso State League, musim 1990. Tahun 1990 Rogerio Ceni di rekrut oleh klub Sao Paulo di usia ke 17 tahun. Setelah lama hanya menjadi kiper cadangan akhirnya di tahun 1997 dia bisa menjadi kiper utama klub Sao Paulo. Klub yang telah dibelanya selama 11 musim ini sudah banyak prestasi juara yang di sumbangkannya untuk timnya antara lain :

  • Brazilian League, musim 2006, 2007, 2008
  • Sao Paulo State League, musim 1998, 2000, 2005
  • FIFA Club World Cup, musim 2005
  • Intercontinental Cup, musim 1993
  • Copa Libertadores, musim 1993, 2005
  • Copa Sudamericana, musim 2012
  • Recopa Sudamericana, musim 1993, 1994
  • Supercopa Sudamericana, musim 1993
  • Copa CONMEBOL, musim 1994
  • Torneio Rio-São Paulo, musim 2001
Sedangkan karir untuk tim nasional Brasil juga pernah dia rasakan, dia tercatat 16 kali memperkuat Brasil. Rogerio Ceni  pernah merasakan dua kali kejuaraan Piala Dunia dan  prestasi yang di ukir di tim nasional Brasil adalah menjadi juara Piala Dunia tahun 2002 dan juara Piala Konfederasi tahun 1997. Sedangkan untuk di tim nasional dia belum pernah mencetak gol, karena di tim samba tidak kekurangan jagoan-jagoan tendangan bebas dan tendangan pinalti.

Demikian informasinya, nantikan informasi menarik lainnya tentang dunia suporter dan sepakbola.

No comments

Powered by Blogger.