Header Ads

Header ADS

Ronaldinho, Mega Bintang Dengan Dribbling Mengagumkan




Ronaldinho, Seniman Sepakbola


Melihat aksi Ronaldinho bermain, seolah menunggu keajaiban apa yang akan di lakukan dengan dribbling mengaggumkan saat bola di kakinya ? Karena bagi dia sepakbola itu adalah kegembiraan, yang harus di mainkan dengan bebas dan di nikmati, dan hasil akhir adalah bonus, bukan tujuan satu-satunya. Jika Zenedine Zidane terpaku pada gayanya memutar badan ke belakang, Cristian Ronaldo dengan kecepatannya mengelabuhi lawan, atau Leonel Messi identik dengan gocekan maut kaki kirinya, namun Ronaldinho seolah tidak mau terpaku dengan satu pola trik saja yang di ulang-ulang, Dinho seolah bisa melakukan segalanya dengan bola di kakinya, apakah itu gaya Zenedine Zidane, Cristiano Ronaldo ataupun Leonel Messi.


Ronaldinho, mega bintang Brasil dan Barcelona
Ronaldinho, mega bintang Brasil

Trik mengelabuhi lawan bagi Ronaldinho tergantung kepada situasi dan kondisi di lapangan. Sehingga kita seolah tidak bisa menebak magis apa yang akan di peragakan di atas lapangan. Benar-benar seorang mega bintang yang seolah menjadi seniman sepakbola yang sedang menari free style. Beberapa bek dengan nama besar seolah seperti terbengong-bengong menghadapi gocekan Ronaldinho. Dia bisa melakukan penyerangan dari berbagai posisi, mulai dari tengah maupun kedua sisi lapangan dan mempunyai finishing yang akurat. Tendangan untuk bola-bola matipun dikuasainya dengan baik, baik itu tendangan bebas maupun tendangan pinalti. Ronaldinho adalah seorang seniman sepakbola dengan daya kreatifitas yang tinggi. ( Untuk lebih lengkap bisa di lihat di video dibawah)

Lahir dengan nama lengkap Ronaldo de Assis Moreira, Maret 1980 di Porto Alegre, Brasil , dia dikenal dengan nama Ronaldinho Gaucho. Ronaldinho bermakna kecil dan sayang untuk Ronaldo, sedangkan penambahan kata Gaucho, karena dia berasal dari Brasil Selatan, dan supaya untuk membedakan dengan rekannya Ronaldo (Faria) yang sudah memakai nama tersebut ketika berkiprah duluan di kompetisi Eropa. Itulah mengapa di internasional dia memakai nama Ronaldinho. Dia beberapa kali memperoleh penghargaan individu, memenangkan Pemain Terbaik Dunia FIFA of the Year pada tahun 2004 dan meraih Ballon d’Or tahun 2005. Dia dianggap salah satu pemain sepakbola terbaik dari generasinya. 




Ronaldinho, mega bintang Barca dan Brasil


Mega bintang Ronaldinho mengawali karir sepakbolanya di klub Gremio mulai dari junior hingga ke tim senior sebelum sampai tahun 2001. Gelar yang berhasil di persembahkan untuk klub tersebut adalah South Cup tahun 1999 dan Campeonato Gaúcho tahun 1999. Kemudian dia pindah ke klub Prancis, Paris Saint-Germain pada tahun 2001 dan bermain selama tiga musim disana. Piala yang berhasil direbut bersama klub Prancis itu hanya UEFA Intertoto Cup tahun 2001.





Karir Ronaldinho mengalami masa keemasan ketika di transfer oleh klub raksasa Barcelona pada tahun 2003. Dibawah kepelatihan era Frank Rijkaard juga era Pep Guardiola, Barcelona berhasil dibawanya meraih 2 juara La Liga (2004-05 dan 2005-06), dan juara Liga Champion musim 2005-06. Selama lima musim bermain di klub Catalan tersebut dia berhasil menyumbangkan 70 gol dari 145 pertandingan.

Pada tahun 2003 dia berganti klub memperkuat klub Italia, AC Milan, dan bermain selama dua musim yang menghasilkan juara Serie A di musim 2010-11. Lantas di usia ke 31 tahun tepatnya tahun 2011, dia balik ke negaranya untuk memperkuat klub Flamengo selama semusim yang menghasilkan juara Campeonato Carioca ditahun itu juga.  Tahun 2012 pindah lagi ke klub Brasil lainnya Atlético Mineiro yang dibawa juara Campeonato Mineiro dan juara Copa Libertadores di tahun 2013, juga juara Recopa Sudamericana musim 2014. Sebelum dia di jual ke klub liga Meksiko, Querétaro, di tahun 2014.

Untuk level tim nasional Brasil, Ronaldinho sudah berprestasi sejak usia remaja, tepatnya ketika memperkuat timnas Brasil U-17 yang menjadi juara Piala Dunia FIFA U-17 dan juara South American U-17 Football Championship di tahun 1977. Sedangkan ketika bermain di tim nasional Brasil U-23 berhasil menjadi juara di turnamen CONMEBOL Men Pre-Olympic Tournament tahun 1999.

Di level timnas Brasil senior, prestasi juaranya sudah bisa di bilang lengkap, menjadi juara Piala Dunia tahun 2002, menjadi juara Copa America tahun 2002 dan menjadi juara FIFA Confederation Cup di tahun 2005. Di level tim nasional Brasil, Ronaldinho Gaucho sudah melakoni 97 pertandingan dan gol yang di lesakkan sebanyak 33 gol.

No comments

Powered by Blogger.