Header Ads

Header ADS

Sang Kaisar, " Der Kaiser," Penguasa FC Bayern München menaklukkan Jerman dan Eropa


Bayern Munchen

Klub tersebut ada tanggal 27 Februari 1900, bermula ketika terjadi perselisihan klub MTV 1879 München, antara pemain dan manajemen-nya. Kemudian sebelas pemain memisahkan diri membuat tim baru dengan nama Bayern Munchen. Dan klub sepakbola tersebut di pimpin oleh Franz John. Munchen baru memenangkan sebuah gelar Bundesliga pada tahun 1932 ketika klub itu di final mengalahkan Eintracht Frankfurt. Dan sampai sekarang sudah mengoleksi 5 buah Piala Liga Champion dan 24 buah tropi Bundesliga.

Bayern Munchen Jerman
Logo Klub Bayern Munchen
Bayern Munchen mempunyai stadion super modern yang berada di sebelah utara kota Munchen, Jerman, yakni Stadion Allianz Arena. Stadion ini baru digunakan pada tahun 2005 setelah sebelumnya berbagi tempat dengan klub TSV 1869 Munchen di stadion Olimpiade Munchen.

Franz Beckenbauer

Awal Cerita kesuksesan Bayern Munchen di 100 tahun setelah klub itu terbentuk, dan kesuksesan tersebut erat kaitannya dengan pemain yang bernama Franz Beckenbauer. Seorang pemain yang berposisi sebagai libero, yang sangat karismatik yang berhasil memimpin The Hollywood julukan Bayern Munchen, pada masa itu. Franz Beckenbauer memimpin pasukan tim Bavaria itu dengan meraih gelar 14 gelar di berbagai kompetisi baik itu di Jerman maupun tingkat internasional.

Der Kaiser, Franz Beckenbauer, Legenda Bayern Munchen dan Jerman
Sang Kaisar, Franz Beckenbauer, Legenda Bayern Munchen
Yang lucu ternyata Der Kaiser atau sang kaisar tersebut mengawalinya bukan langsung sebagai libero tangguh, awalnya dia adalah seorang pemain sayap kiri., tapi kemudian pindah ke posisi libero yang membawanya ke puncak kesuksesan. Dengan posisi tersebut agak unik pada masa itu, yaitu ada seorang pemain bertahan jerman yang mempunyai naluri menyerang yang tinggi. Selama 13 tahun memperkuat Bayern Munchen, dia sudah memainkan 427 pertandingan dengan mencetak 10 gol yang berhasil di ciptakannya.

Kemudian Beckenbauer pindah ke klub New York Cosmos, Amerika Serikat, ketika usianya 32 tahun. Dan hebatnya selama empat tahun memperkuat klub Amerika Serikat tersebut, dia bisa mempersembahkah tiga gelar juara. Kemudian di usia 36 tahun Beckenbauer balik ke Jerman lagi dengan memperkuat klub Hamburg FC selama dua tahun, lagi-lagi dia berhasil membawa juara Bundesliga di tahun keduanya yaitu di musim 1980-1981.Di usia 38 tahun sang kaisar belum mau pension, dia malah balik lagi bergabung dengan New York Cosmos lagi. Di sepanjang karirnya dia termasuk pemain belakang pada saat itu yang produktif mencetak gol, gol yang dihasilkan berjumlah 81 buah.

Sang Kaisar di Timnas Jerman (Barat)

Di tingkat nasional Beckenbauer sudah pernah merasakan tiga kali bertanding di Piala Dunia, yakni di tahun 1966 menjadi runner up setelah di final di kalahkan Inggris. Tahun 1970, tim Jerman Barat hanya sampai di semifinal karena dikalahkan oleh Italia, baru di tahun 1974 Beckenbauer bisa merasakan juara Piala Dunia dengan di final mengalahkan Belanda yang ketika itu terkenal dengan Total Football -nya dengan skor 2-1.

Kemudian untuk ajang Piala Eropa, Beckenbauer tercatat dua kali memperkuat tim Jerman (Barat). Di tahun 1972 dia berhasil juara Piala Eropa dengan mengalahkan Uni Soviet ketika itu dengan skor telak 3-0. Di lanjutkan penampilan dia di Piala Eropa tahun 1976, Jerman (Barat) masuk ke partai final, tetapi saying mereka di kalahkan Cekoslowakia lewat adu pinalti.




Karir Beckenbauer semakin lengkap ketika pension dari pemain, sebagai pelatih nasional berhasil membawa timnas Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia 1990 setelah mengalahkan Argentina-nya Diego Maradona dengan skor 1-0. Itu sebagai pembalasan empat tahun, 1986 sebelumnya tim pasukan Beckenbauer yang di kalahkan tim Diego Maradona (Argentina) di Meksiko. Dia juga pernah melatih Olympique de Marseille dan Bayern Munchen yang kesemuanya bisa dibawanya menjadi juara. Sebuah perjalanan karir sepakbola hebat dari Sang Kaisar.



Demikian informasi yang bisa kami sajikan ke pembaca, dan semoga informasi ini bermanfaat, dan silakan share tulisan ini ke rekan anda.

"Salam Sukses Sepakbola Indonesia”
.




No comments

Powered by Blogger.