Header Ads

Header ADS

Brasil, Gudang Pencetak Superstar Sepakbola Dunia

Negeri Samba, Negeri Superstar Sepakbola

Sepak bola diperkenalkan di Brasil oleh orang Skotlandia yang bernama Thomas Donohue. Dan kini olahraga sepakbola telah melekat dengan nama Brasil, puluhan superstar sepakbola dunia, telah lahir dari negara ini, mulai dari Pele sampai sekarang Neymar Jr. Brasil memainkan sepakbola dengan jiwa dan menikmatinya untuk sarana bersenang-senang, tidak seperti di Eropa yang terlalu pragmatis dan baku untuk mengejar hasil pertandingan, mungkin di Eropa sepak bola sudah menjadi ladang industri. Mereka sering menyebut negaranya o País do Futebol atau Negara sepakbola.
Ronaldo, Kaka, Robinho, Ronaldinho, Neymar
Superstar Sepakbola :  Ronaldo, Kaka, Robinho, Ronaldinho, Neymar
Kalau kita menengok secara jelas mimik muka Ronaldinho, Robinho, Neymar ketika bermain bola, terlihat sering senyum gembira, mungkin begitulah tipikal sepak bola di Brasil. Sepak bola adalah imaginasi, dan imaginasi itu perlu ruang bebas untuk hadir, bukan hadir dalam keadaan tertekan. Dari kondisi bebas lepas itu tercipta skill-skill tingkat dewa dari pemain-pemain Brasil. Mereka masih memainkan sepak bola dengan esensi awal yaitu kesenangan, imaginasi (baik itu skill individu ataupun pola permainan kerjasama tim). Dan hasilnya kita bisa melihat pola permainan timnas maupun klub sepakbola Brasil terlihat sangat indah, seindah tarian samba.

Klub Sepakbola Di Brasil

Di kompetisi domestik di Brasil tercatat ada 12 klub sepakbola ternama yang itu berasal dari empat kota. Di kota Rio de Janeiro terdapat klub : Vasco de Gama, Flamengo, Fluminense dan Botafogo. Di kota Sao Paulo terdapat klub : Santos, Chorintians, Sao Paulo dan Palmeiras. Di kota Rio Grande do Sul terdapat klub : Gremio dan Internacional. Kemudian di kota Minas Gerais terdapat klub sepakbola : Atlético Mineiro dan Cruzeiro. Dan dalam PSSI-nya Brasil, atau CBF (Brasil Football Confederation) tercatat sekitar empat ratus klub sepakbola yang resmi.

Jenjang kompetisi sepakbola domestik di sana terbagi menjadi empat strata yakni : Campeonato Brasileiro Série A yang di ikuti oleh 20 klub, Campeonato Brasileiro Série B juga di ikuti 20 klub, Campeonato Brasileiro Série C  dan Campeonato Brasileiro Série D.
Sepakbola begitu merasuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat disana. Bahkan kebanyakan majikan menyediakan ruang dan tempat untuk pegawainya menonton sepakbola ketika timnas Brasil bertanding. Atau pemilu diadakan di tahun yang sama dengan penyelenggaraan event Piala Dunia, sehingga partai politik di sana bisa mengambil keuntungan dari jiwa nasionalis masyarakat Brasil yang sedang terbentuk karena event piala dunia tersebut.

Begitu banyak legenda sepakbola yang terkenal di dunia yang pernah lahir, berasal dari negeri ini, bahkan menjadi pemain kunci di klub-klub sepakbola elit dunia seperti  Pele, Zico, Romario, Bebeto, Rivaldo, Ronaldo, Ronaldinho, Dunga, Adriano, Robinho, Cafu, Kaka, Pato dan lain sebagainya. Dan tongkat penerus legenda Brasil sekarang ada di pundak Neymar. Kita tunggu apakah Neymar bisa memenuhi ekspektasi masyarakat Brasil dengan menggondol gelar Juara Piala Dunia yang ke enam buat negaranya, kita lihat saja sama-sama.


Baca juga artikel yang lainnya di : http://suportersuporter.blogspot.com/
Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jika berkenan mohon di sebarkan ke teman baik anda.

"Salam Sukses Sepakbola Indonesia”


No comments

Powered by Blogger.