Header Ads

Header ADS

Marta (Brasil) dan Mia Hamm (USA) Legenda Terbesar Sepakbola Wanita Dunia

Mia Hamm, Legenda Sepakbola Wanita Amerika Serikat


Bagi sepakbola wanita, Mia Hamm, yang mempunyai nama lengkap Mariel Margaret Hamm-Garciaparra merupakan legenda sepakbola wanita di dunia, lebih khususnya bagi Amerika Serikat. Wanita yang lahir tahun 1972 di Alabama, Amerika itu sudah meraih berbagai gelar untuk tim dan untuk individu dia sendiri. Di saat sepakbola baru popular untuk kaum laki-laki, Mia Hamm mampu memaksa penikmat sebakbola untuk menengok sosoknya sebelum akhirnya dia pensiun sebagai pemain.


Image result for mia hamm sexy picture
Mia Hamm - Legenda Pemain Sepakbola Wanita USA
Mia Hamm - Legenda Pemain Sepakbola Wanita USA
Mia Hamm merupakan pemegang gelar pesepakbola wanita terbaik dunia versi FIFA sebanyak dua kali yaitu tahun 2001 dan 2002. Dia juga pemain paling banyak dalam memperkuat timnas sepakbola wanita Amerika Serikat dengan rekor bermain sebanyak 275 pertandingan dengan 158 gol yang berhasil di lesakkannya ke gawang lawan. Dan dunia sepakbola mengakui kiprahnya dengan memasukkan namanya kedalam the World Football Hall of Fame.

Mia Hamm mengawali karir sepakbolanya sejak usia usia yang sangat muda, di usia 15 tahun dia sudah menjadi bagian dari skuat timnas Amerika Serikat. Tim nasional dibawa menjadi juara dunia sebanyak dua kali di tahun 1991 dan 1999, dia juga pernah membawa timnya meraih medali emas olimpiade sebanyak dua kali pada tahun 1996 dan 2004. Sedangkan klub yang di bela Mia Hamm adalah North Carolina Tar Heels yang dibawanya menjadi juara kompetisi sepakbola Amerika Serikat sebanyak empat kali (1989, 1990, 1992 dan 1993).

Marta ( Brasil ), The Woman Ronaldinho


Pesepakbola yang di juluki sebagai Ronaldinho wanita ini memang memiliki skill bola yang mengaggumkan (lihat video di bawah). Terlahir dengan nama lengkap Marta Vieira da Silva di Alagoas, Brasil tahun 1986 yang silam. Prestasi paling spektakuler tentang ketrampilan sepakbolanya adalah adalah ketika dia meraih gelar pemain terbaik dunia sepakbola wanita versi FIFA sebanyak lima kali beruntun, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010.


Marta termasuk pesebakbola wanita yang sering ganti klub, dengan mengawali karir di klub Vasco de Gama, Brasil, di usia 14 tahun, kemudian pindah ke klub Santa Cruz, sebuah klub kecil di Brasil. Tahun 2004, Marta pindah berkompetisi di Swedia dengan di kontrak klub Umea IK. Di klub Swedia itu dia mempersembahkan juara liga sebanyak empat kali berurutan di tahun 2005, 2006, 2007, 2008, juga juara piala Swedia tahun 2007.


Marta - Brasil, The Woman Ronaldinho
Marta - Brasil, The Woman Ronaldinho

Marta kemudian pindah ke kompetisi Amerika Serikat pada tahun 2009, dengann memperkuat klub Los Angeles Sol, dan langsung menjadi topskor di kompetisi tersebut dan klub tersebut langsung dibawanya menjadi runner up liga sepakbola professional wanita di negeri itu. Di waktu jeda kompetisi sepakbola wanita Amerika Serikat dia di pinjam oleh klub Santos Brasil. Pada tahun 2010 Marta di rekrut klub USA lainnya, FC Gold Pride, di musim pertama dia menjadi pemain terbaik dan menjuarai liga Amerika Serikat. Dia pindah ke klub Western New York Flash di tahun 2011, dan menjadi juara di tahun yang sama.


Tahun 2012 dia pindah ke Swedia lagi dengan memperkuat klub Tyreso FF, sekali lagi dia bisa menjadikan klubnya juara liga Swedia di tahun yang sama. Dan tahun 2014 berlabuh ke klub FC Rosengard juga di Swedia lagi-lagi di tahun pertama dia bisa menjadi juara di klubnya itu.


Sedangkan untuk tingkat timnas Brasil, prestasi yang diukir oleh Marta adalah menjadi juara Pan American Games di tahun 2003 dan 2007, juga juara Sudamericano Femenino: 2003, 2010.

No comments

Powered by Blogger.