Header Ads

Header ADS

Pemain dari Asia Pertama Yang Main Di Klub Sepakbola Elit Eropa



Paulino Alcantara, Pemain Sepakbola Asia


Kalau membaca sejarah sepakbola Asia, ada hal yang aneh tentang pemain sepakbola dari Asia pertama yang bermain di klub elit Eropa. Muncul sebuah nama Paulino Alcantara Riestra, dari negara yang tidak menyukai sepakbola, seorang pemain setengah Asia yang menjadi tulang punggung klub raksasa Spanyol. Bahkan dia merupakan pemain termuda yang pernah melakukan debut di Barcelona, di umur ke 15 tahun sekaligus menjadi pemain termuda yang sanggup mencetak gol untuk tim dari Catalan tersebut. Bahkan mega bintang Leonel Messi di sebutkan sering meniru gaya mencetak gol pemain Asia tersebut. Hebat, tetapi siapakah dia sebenarnya?

Paulino Alcantara Riestra, Pemain Asia di Barcelona
Paulino Alcantara Riestra, Pemain Asia di Barcelona

Paulino Alcantara lahir di Iloilo City, Filipina dari seorang ibu asli orang Negara tersebut pada tahun 1896. Sedangkan ayahnya adalah seorang perwira militer Spanyol. Dan ketika berusia tiga tahun dia dan keluarganya pindah ke Spanyol, dimana ditahun itu juga klub Barcelona sedang di dirikan. Paulino pernah berkarir sebagai pemain sepakbola di negeri Spanyol dan Filipina. Jumlah gol yang telah di ciptakan sebanyak 224 dari 200 pertandingan di semua kompetisi yang pernah di ikutinya. Dan setelah pensiun dari pemain, Dia dikenal sebagai pemain besar, bahkan ketika dia pensiun, sebagai penghormatan atas penampilannya di La Liga, dia di buatkan sebuah pertandingan persahabatan antara klub Barcelona melawan timnas Spanyol. Setelah itu dia melanjutkan karirnya menjadi direktur  tim Barcelona. 


Klub Paulino Alcantara


Sebagai seorang striker, klub pertama yang di singgahi tentunya klub Barcelona, di periode pertamanya di tim tersebut dia bermain selama tiga musim Pada usia yang masih belia dia dia berhasil mempersembahkan gelar juara untuk Barcelona diantaranya dua tropi Pyrenees Cup di tahun 1912, 1913, satu buah juara Copa del Rey di tahun 1913 dan dua buah juara Campionat de Catalunya tahun 1913, 1916. Sedangkan gol yang dilesakkan striker Asia diperiode pertamanya di Barca adalah sebanyak 55 gol dari 47 pertandingan.

.
Namun tahun 1916 keluarga Paulino Alcantara balik lagi ke Filipina, dan dia ikut juga dengan orang tuanya. Yang memaksa dia keluar dari klub Barca dan melanjutkan katir sepakbolanya di klub lokal Filipina, Bohemian Sporting Club. Bermain dalam periode 1916–1918, dia berhasil mencetak 24 gol dari 23 pertandingan dan berhasil meraih dua gelar juara Philippines Championship pada tahun 1917 dan 1918. Bahkan ketika dia memperkuat timnas Filipina, dia pernah membantai timnas sepakbola Jepang dengan skor 15-2 di Tokyo.



Semenjak di tinggal Paulino Alcantara, klub Barcelona tidak pernah juara, mereka kemudian memohon kepada orang tua Alcantara untuk mengijinkan anaknya kembali bermain di Barca.  Akhirnya ditahun 1918, dia kembali memperkuat tim asal Spanyol tersebut. Semenjak masuknya Alcantara, Barcelona mulai sering menjuarai berbagai kompetisi sepakbola di Spanyol, diantaranya adalah empat kali juara Copa del Rey di tahun 1920, 1922, 1925, 1926, serta delepan kali juara Campionat de Catalunya pada tahun 1919, 1920, 1921, 1922, 1924, 1925, 1926, 1927.  Dan pada periode keduanya dia bermain di Barcelona dia juga tetap menjadi seorang striker yang produktif dengan mencetak 145 gol dari 130 pertandingan. Alcantara pensiun dari bermain sepakbola pada usia 31 tahun, untuk melanjutkan studinya dan menjadi seorang dokter.

No comments

Powered by Blogger.